Gadget

6 Headset VR (Virtual Reality) Terbaik Yang Patut Dicoba

AkuTechie – Apakah kamu pernah mendengar tentang VR (Virtual Reality)? VR merupakan salah satu teknologi yang membantu pengguna untuk merasakan pengalaman berada dalam sebuah lingkungan hasil simulasi komputer. Di sini pengguna bisa melakukan interaksi dengan lingkunganya seolah benar-benar berada di tempat tersebut, entah itu interaksi secara visual maupun audio.

Kini banyak sekali headset VR yang tersebar dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Nah pada dasarnya headset VR ini sendiri terbagi dalam berbagai kategori, yakninya mobile, tethered atau tertambat, serta standalone. Nah, untuk kamu yang ingin membeli headset VR, berikut ini kami rekomendasikan 6 headset VR terbaik dengan keunggulannya masing-masing.

Oculus Rift S

Ini merupakan salah satu headset VR kategori tertambat yang kini diketahui memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan Vive, namun tetap tidak setinggi Vive Pro ataupun Oculus Quest. Oculus Rift S ini memiliki Oculus Touch motion controller yang lebih ringan dan tidak membutuhkan sensor eksternal untuk dapat memfungsikannya. Namun kurangnya dari headset VR yang satu ini adalah dibutuhkannya Displayport. Jadi jika komputer kamu hanya memiliki output HDMI, maka akan butuh seri Rift sebelumnya dan juga akan berurusan dengan banyaknya kabel.

Sony PlayStation VR

Masih tergolong headset VR tertambat, Sony PlayStation VR cukup digemari oleh para pecinta game PlayStation. Pada umumnya PlayStation VR bekerjasama dengan DualShock 4 sehingga kamu tidak akan membutuhkan lagi motion control. Nah diketahui juga bahwa headset VR ini masih menggunakan stick PlayStation Move dari PlayStation 3 yang memang tidak secanggih serta sebagus controller Oculus Touch.

Oculus Go

Oculus Go tergolong sebagai salah satu headset Standalone. Untuk bisa menikmati kecanggihan dari headset VR yang satu ini kamu perlu memiliki budget sekitar US$200 atau sekitar Rp 2,9 juta. Namun yang paling menarik adalah produk ini memiliki perbedaan dengan headset yang banyak beredar dipasaran. kamu tidak membutuhkan ponsel pintar kelas atas yang mendukung Oculus Go untuk bisa menggunakannya.

Oculus Quest

Oculus Quest – AkuTechie. Sumber: Desertcart

Ini juga merupakan headset Standalone, namu harganya dua kali lebih mahal dibandingkan dengan Oculus Go. Produk ini memiliki prosesor Snapdragon 835 yang tangguh dan juga dilengkapi dengan layar OLED yang lebih tajam. Oculus Quest ini juga semakin menarik karena memiliki pelacakan gerak penuh 6DOF dengan kendali gerak ganda. Perlu kamu ketahui juga bahwa Oculus Quest sebenarnya menggunakan controller Oculus Touch yang sama dengan Oculus Rift S.

Lenovo Mirage Solo With Daydream

Headset VR yang satu ini diketahui memiliki prosesor Snapdragon 835 serta kamera yang mengarah ke depan untuk pelacakan posisi 6DOF untuk headset itu sendiri. Namun, Lenovo Mirage Solo With Daydream hanya meliputi satu motion controller 3DOf tunggal yang membuat kemampuannya sangat terbatas. Oleh karena itu produk ini dianggap kurang seru juga oleh beberapa penggunanya.

HTC Vive Focus dan Vive Focul Plus

Produk ini memiliki headset VR mandiri yang mirip dengan Lenovo Mirage Solo. Headset VR ini diketahui dapat melacak gerak secara penuh dan juga dapat memetakan ruangan. Yang paling unggul dari headset VR tersebut adalah kemampuannya dalam menawarkan pelatihan virtual serta dapat melakukan konferensi untuk urusan bisnis.

Jadi dari 6 headset VR di atas produk mana yang paling menarik menurut kamu? Sebelum membeli headset VR pastikan kamu sudah mengetahui banyak hal tentang keunggulan dan kekurangan produknya ya. Agar kamu membeli produk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa kunjungi AkuTechie untuk info seputar gadget, elektronik, dan tips teknologi terupdate!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button