Tips

Cara Mematikan Windows Defender yang Mudah dan Cepat

AkuTechie – Untuk orang yang sudah terbiasa dengan teknologi dan komputer pasti tidak heran dengan salah satu antivirus buatan yaitu windows defender. Fungsinya adalah digunakan sebagai pelindung untuk mengamankan komputer dari virus, spyware atau mungkin juga nanti ada kode jahat lain yang menyerang komputer Anda dan bisa berakibat fatal pada keselamatan komputer yang sedang Anda gunakan setiap harinya. Tetapi kemudian yang menjadi masalah adalah bagi orang yang belum terbiasa dengan windows defender pasti akan bingung cara menggunakannya dan bingung tentang langkah-langkah dan cara mematikan windows defender yang paling mudah dan tidak ribet.

Sebenarnya cara mematikan windows defender itu sangat mudah dan tidak terlalu banyak cara dan langkah-langkah yang terlalu ribet. Karena jika sudah tahu langkah-langkahnya dengan pasti maka akan mudah bagi kita untuk mematikan windows defender dengan mudah dan pastinya bisa mematikan windows defender secara permanen. Sedikit pengetahuan bahwa pada windows 10, Microsoft defender antivirus ini merupakan salah satu solusi anti-malware bawaan yang dari awal memang sudah dirancang untuk melindungi komputer yang sedang digunakan dan data-data yang ada di dalam komputer tersebut supaya tidak hilang atau rusak karena serangan virus, spyware dan lain-lain.

Maka dari itu, bagi Anda yang mungkin belum mengetahui cara mematikan windows defender, maka berikut ini akan dijelaskan secara mudah dan singkat tanpa ribet. Namun sedikit informasi untuk windows 10 memang dari awal sudah tidak menyertakan opsi untuk mencopot atau mungkin menonaktifkan windows defender antivirus permanen. Tetapi masih tetap bisa dilakukan dengan catatan Anda sudah melakukan penginstalan pihak ketiga. Maka dari itu, supaya lebih jelasnya Anda bisa perhatikan tips-tips di bawah ini:

  • Menggunakan Windows Security

Cara mematikan windows defender yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan windows security. Langkah-langkah sangat mudah yakni Anda bisa klik start untuk pertama, setelah itu Anda bisa ketik windows security dan setelah itu buka aplikasinya. Jika sudah berhasil terbuka maka Anda bisa pilih virus & threat protection, jika sudah Anda pilih dan klik tulisan Manage settings yang terletak pada bagian bawah opsi virus & threat protection. Dan yang terakhir adalah Anda bisa pilih menu Real Time dan pilih off. Jika langkah-langkah sudah benar maka windows defender dipastikan sudah mati atau tidak aktif lagi.

  • Menggunakan Grup Policy

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan untuk mematikan windows defender adalah dengan cara menggunakan grup policy. Ini merupakan salah satu langkah paling mudah dan tidak terlalu ribet karena sangat singkat dan bisa menonaktifkan windows defender secara permanen. Jadi untuk langkah pertamanya adalah Anda bisa menggunakan pilihan yakni dengan mematikan tamper protection. Untuk langkah-langkahnya adalah Anda klik menu start, setelah itu Anda ketik windows security dan setelah itu buka aplikasinya setelah itu Anda klik virus & threat protection. Jika sudah Anda bisa klik manage settings yang terdapat pada bagian bawah virus & thread protection settings jika sudah Anda bisa pilih matikan tamper protection dengan mengklik tombol off. Setelah itu Anda bisa lanjutkan dengan tekan kombinasi windows + R dan setelah itu Anda bisa ketik gpedit.msc dan tekan enter. Setelah itu Anda ikuti petunjuk computer configuration, administration templates, windows component, windows defender antivirus dan klik dua kali pada turn off windows defender antivirus dan pilih opsi enabled, apply, ok dan restart pc Anda.

  • Menggunakan registrasi

Untuk tampilan awalnya nanti aka nada tulisan mengubah registry nantinya akan mengakibatkan kerusakan permanen pada instalasi apabila tidak dilakukan dengan baik dan benar. Maka dari itu, disarankan untuk backup data-data penting yang ada di dalam perangkat. Setelah itu Anda bisa ikuti petunjuk berikut, pertama Anda tekan tombol kombinasi antara windows + R. Setelah itu Anda bisa ketik regedit dan klik enter, jika sudah Anda bisa mendapatkan tampilan jendela registry editor dan setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda klik kanan folder windows defender dan setelah itu pilih new lalu klik dwrod (32-bit) Value, Jika sudah Anda bisa ganti nama menjadi DisableAntiSpyware setelah itu tekan Enter dan lanjutkan klik dua kali pada DisableAntiSpyware dan ubah value data dari 0 menjadi 1. Klik ok dan restart perangkat Anda. Di atas adalah beberapa cara mematikan windows defender yang paling mudah dan paling sederhana yang bisa Anda simak dan Anda praktekkan sendiri di rumah bagi Anda yang ingin menonaktifkan windows defender yang ada pada pc Anda. Anda bisa melakukannya secara mandiri jika Anda yakin dengan kemampuan komputer yang Anda miliki akan tetapi jika Anda ragu dan tidak ingin terjadi sesuatu dengan PC atau laptop Anda alangkah lebih baik jika Anda meminta bantuan dari orang yang memang sudah ahlinya dalam masalah ini. Dengan begitu nanti juga akan menghindarkan kerusakan pada perangkat Anda jika sampai salah langkah. Jangan lupa kunjungi AkuTechie untuk info seputar gadget, elektronik, dan tips teknologi terupdate!

Tim AkuTechie

Bagi teknologi baru selalu ada kontroversi dan selalu ada ketakutan yang terkait dengannya. Saya pikir itu terkadang hanyalah harga untuk menjadi yang pertama.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button